Tentang Al-Basyir Islamic Boarding School

Assalamualikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Selamat datang di AL-BASYIR ISLAMIC BOARDING SCHOOL Bogor, lembaga pendidikan yang bernuansa Islam dengan menekankan pembelajaran Al-Quran-Hadist dan berbagai mata pelajaran umum di sekolah SD, SMP, dan SMA.

Sungguh sangat membahagiakan kami Anda berkunjung di AL-BASYIR ISLAMIC BOARDING SCHOOL Bogor. Untuk mengetahui kami lebih lanjut, berikut ini sekilas yang dapat kami sampaikan. Pendirian SD, SMP, dan SMA Tahfizh Al-Basyir diawali dari niat pimpinan Yayasan Al-Basyir Bogor untuk mendirikan sekolah yang berbasis agama dan ilmu pengetahuan sehingga para siswa diharapkan memiliki landasan kuat dalam bidang agama dan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, pendidikan agama dan pendidikan umum mendapat porsi seimbang dalam pelaksanaannya.

Pendirian sekolah dan pondok diawali dari pembangunan gedung sekolah, majlis, pondok pesantren pada tahun 2005 dilanjutkan dengan pendirian Sekolah Dasar tahun 2006. Pada awal pendirian sekolah dasar, dalam penerimaan siswa baru, selain menerima siswa kelas I juga menerima siswa pindahan. Hasilnya adalah telah diterima kelas I sejumlah dua rombongan belajar dan kelas III, serta kelas IV masing-masing satu rombongan belajar. Dari awal pendirian sekolah dasar hingga tahun 2016 setiap kelas selalu dibatasi dua rombongan belajar, setiap rombongan belajar maksimal 24 siswa. Dengan suksesnya pendirian Sekolah Dasar muncullah animo baru dari orang tua siswa SD dan masyarakat pada umumnya agar Yayasan AL-BASYIR mendirikan SMP. Hal itu ditangkap oleh yayasan sebagai hal positif sekaligus alasan tepat pendirian SMPTahfizh Al-Basyirpada tahun 2011. Awal pendirian SMP, penerimaansiswa baru dibatasi dua rombongan belajar dan dua rombongan belajar terpenuhi. Selanjutnya pada tahun 2016 Yayasan AL-BASYIR mendirikan SMA ISLAMIC BOARDING SCHOOL.

Sejak tahun 2016 pembelajaran SMP-SMA Tahfizh Al Basyir di awal tahun ajaran baru, setiap siswa mengikuti program pembelajaran menghafal Al-Quran/Tahfizhul Quran selama 3 bulan dengan harapan maksimal siswa dapat menghafal Al-Quran 30 juz. Sedangkan untuk pembelajaran di kelas setiap siswa diwajibkan menggunakan laptop sebagai alat/media belajar sekaligus untuk menyimpan berbagai materi ajar baik pelajaran umum maupun pelajaran keagamaan/pesantren. Dengan demikian laptop menjadi alat/media pembelajaran yang dianggap penting.

Dalam upaya peningkatan kualitas siswa SD, SMP, SMA Tahfizh Al Basyir Bogor, diambilah sebuah pendidikan yang berorientasi pada mutu pelayanan terhadap siswa. Yaitu sebuah pelayanan prima dengan tujuan kepuasan siswa dan orang tua terhadapa pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan begitu diharapkan dapat menghasilkan siswa aktif, kreatif, inovatif, memiliki kecerdasan intelektual/Iptek, spiritual/Imtak, dan emosional yang baik. Untuk mencapai hal itu perlu didukung dengan penanaman aqidah-akhlakul karimah melalui pembinaan praktik-praktik ibadah (membaca dan menghafal Al-Quran, sholat, dsb.) dan mengikuti pembelajaran pelajaran umum di sekolah. Dari kegiatan tersebutdiharapkansiswa memiliki jatidiri yang baik serta kelak mereka dapat memecahkan persoalan-persoalan hidup yang dihadapi.

Kegiatan pembelajaran di pondok pesantren AL-BASYIR dilakukan secara profesional oleh para Ustadz-Ustadzah yang memiliki latar belakang pondok pesantren dengan metode pembelajaran Qiroati untuk pembacaan Al-Quran. Pembelajaran Al-Quran dilaksanakan setiap hari pada jam-jam tertentu yang tidak akan mengganggu pembelajaran umum di sekolah.

Pendampingan pembelajaran keagamaan Islam (membaca-menghafal Al-Quran), praktik sholat, dan lain sebagainya, diatur sedemikian rupa agar siswa dapat belajar secara baik. Adapun pengaturan pembimbing keagamaan sekaligus pembimbing kamar adalah sebagai berikut, setiap kamar siswa/santri akan dibimbing oleh satu orang Ustadz-Ustadzah.

Demikianlah sekilas tentang pendidikan ALBASYIR ISLAMIC BOARDING SCHOOL.

Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


jadwal-sholat

IMG-20181126-WA0084
al basyir LOGO
7b0736_a652e4c2b34c4fe39bc85410ea99caa1~mv2

Profil Pendiri

Al Basyir Islamic Boarding School didirikan oleh Drs. KH. Dudung Basyir pada tahun 2006. Awal mula mendirikan Al Basyir Islamic Boarding School berawal dari cita-cita KH. Dudung Basyir untuk menjadikan para santri sebagai santri Tahfidz dengan meneladani Rasulullah SAW sebagai Rahmatan Lil Alamin.

  1. Dudung Basyir memulai dakwah dari tahun 1988 saat duduk dibangku kuliah semester 2 namun pembelajaran Ilmu Agama sudah dimulai sejak duduk dibangku sekolah dasar. Mengawali pendidikan di Al-Ihya Bogor dan mengikuti pembelajaran di beberapa pesantren. Menjadikan Abi Basyir sosok yang senang berdakwah, hal tersebut sesuai dengan sabda nabi Muhammad SAW “sampaikanlah ilmu walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari), setelah lulus pada pondok pesantren Al-Ihya Bogor Abi Basyir melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Salafi Jasinga Al-Jazirah.

Semangat Abi Basyir dalam hal berdakwah menghantarkan Abi Basyir untuk terus berdakwah ke beberapa pulau di Indonesia dan antar kota dipulau Jawa. Tahun 1995 disamping disibukkan dengan kegiatan dakwah Abi Basyir membimbing jama’ah yang akan melaksanakan Ibadah Haji dan mendirikan Kelompok Bimbingan Ibadah haji (KBIH) yang diberi nama Al-Basyir. Selama 22 tahun KBIH Al-Basyir Setiap tahun pemberangkatan umrah dilakukan sebanyak tiga kali dan satu kali pemberangkatan Jama’ah haji.

Pada tahun 2006 didirikanlah sekolah Al-Basyir SD-SMP-SMA yang dipimpin oleh KH. Dudung Basyir sendiri, saat ini kurang lebih 400 anak menimba Ilmu di Al-basyir Islamic Boarding School. Tujuan mendirikan sekolah diantaranya yaitu untuk menjadikan santri-santri yang bersekolah di Al-Basyir Islamic Boarding School menghasilkan anak-anak penghafal Al-Qur’an 30 Juz dengan didukung pengetahuan yang dapat dipertanggung jawabkan.

Kegiatan Al-Basyir Islamic Boarding School

Pengajian Al-Basyir

Pengajian bulanan selalu diadakan setiap akhir bulan pada hari Minggu.

KBIH Haji dan Umroh Al-Basyir

Yayasan Al-Basyir memiliki Departemen yang khusus membidangi KBIH Haji dan Umroh baik untuk keluarga besar Al-Basyir maupun umum. Setiap tahunnya, KBIH Haji dan Umroh Al-Basyir memberangkatkan jamaah umroh minimal sebanyak 3 kali dan haji sebanyak 1 kali.